Grebeg Mulud

07.55 0 Comments

Wisata Budaya Grebeg Mulud
Kota Solo memiliki banyak wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satu jenis wisata di kota Solo adalah wisata budaya yang salah satunya disebut Grebeg Mulud.
Bulan Rabiulawal kalender islam, merupakan salah satu bulan yang sakral di kota Solo. Di bulan tersebut merupakan bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi). Peringatan Maulid nabi dirayakan dengan dilaksanakannya ritual Grebeg Mulud, yang menurut kepercayaan masyarakat kota Solo dan sekitarnya memiliki dampak magis spiritual bagi yang mengikutinya.
Grebeg Mulud  merupakan ritual selamatan keraton Solo yang digelar setiap tanggal 12 Rabiulawal atau tepat pada peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun ini merupakan tradisi terpopuler dari beberapa jenis grebeg lainnya. Setiap digelarnya Grebeg Mulud ribuan pengunjung dari berbagai daerah tumpah ruah di halaman Masjid Agung Surakarta.
Gunungan merupakan maskot dari upacara tradisional Keraton Solo ini. Terdapat dua macam gunungan yang diarak dalam grebeg ini, gunungan lelaki dan perempuan. Gunungan lelaki berbentuk lingga terdiri dari hasil bumi seperti kacang panjang, cabai, dengan entho-entho di bagian atas. Sementara gunungan perempuan yang berbentuk yoni berisi berbagai makanan tradisional yang disusun layaknya bunga. Diantaranya adalah rengginang.
Tradisi Grebeg Mulud Keraton Solo masih dianggap sakral oleh banyak pengunjung yang selalu hadir setiap tahun. Gunungan yang dijadikan perebutan dianggap memiliki berkah bagi mereka yang berhasil mendapatkannya. Karena itu, prosesi pembagian gunungan selalu menjadi bagian paling seru, dramatis, sakral, sekaligus meriah dalam tradisi ini.

Sebelum Grebeg Mulud, pasar murah yang disebut Sekaten digelar. Aneka wahana permainan digelar dan banyak barang maupun makanan khas Solo dijual di pasar murah ini. Perayaan peringatan Maulud Nabi di kota Solo selalu menarik untuk dijadikan tujuan wisata setiap tahunnya.






Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: