Taman Balekambang

23.26 2 Comments



Taman Balekambang


Disela ramainya suasanya kota solo, terdapat taman hutan kota yang merupakan paru-paru kota solo yang bernama taman balekambang.


Hari libur memang menyenangkan. Apalagi berekreasi dan berkumpul dengan keluarga, sungguh indah rasanya. Salah satu tujuan wisata keluarga di kota solo adalah taman balekambang. Taman seluas kurang lebih 9,8 ha ini merupakan tempat yang patut dikunjungi untuk rekreasi.


Ditaman tengah-tengah ini tumbuh pohon besar yang rindang dan tanah rumput yang lapang.  Di sisi barat terdapat kolam bermain perahu dan memancing. Sisi sebelah timur merupakan hutan taman balekambang yang ditumbuhi pohon-pohon besar, sering digunakan para pecinta fotografi untuk foto model maupun prewedding.
Keindahan taman balekambang bukan hanya dari kondisinya, namun juga sejarahnya. Taman balekambang pada awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921. Karena rasa sayang pada kedua putrinya, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta, maka dibuatlah sebuah taman dengan mengabadikan nama keduanya. Taman Balekambang ini memadukan konsep Eropa dan Jawa.
Awalnya aman ini terdiri atas dua area. Area yang pertama dinamakan Partini Tuin atau Taman Air Partini, berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam kota juga digunakan untuk bermain perahu. Area yang kedua bernama Partnah Bosch artinya Hutan Partinah yang ditanami tumbuhan langka. Fungsi dari taman kota ini adalah sebagai resapan dan paru-paru kota.
Pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegara VII taman ini tidak dibuka untuk umum, baru pada era KGPAA Mangkunegara VIII Taman Balekambang mulai dibuka untuk umum.

Taman Balekambang terletak di sebelah utara stadion Manahan dan sebelah barat terminal tertonadi. Jarak taman dengan terminal sangat dekat, akses angkutan umum dari terminal bisa menggunakan bus maupun becak.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 komentar: